Biaya Hidup Selama di Kampung Inggris



Sumber foto : ciputrauceo.net

Banyak peserta yang menanyakan perihal ini yang berkaitan dengan biaya hidup selama proses belajar di Kampung Inggris. Dan adapun untuk menjawabnya, kami akan mencoba merincikannya dan sebagai catatan, adapun rincian biaya yang akan kami jelaskan sewaktu-waktu bisa berubah tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya, rincian biaya ini terhitung sejak bulan maret tahun 2017. 


Untuk biaya kebutuhan sehari-hari yang menyangkut biaya makan, umunya harga makan di Kampung Inggris sangan bervariatif, hal ini tergantung dari selera ataupun kebutuhan peserta dan tempat/warung makanan yang di tuju, untuk warung makanan biasanya terdiri dari warung makanan yang relative standar ataupun warung prasmanan. Untuk warung standar yang sangat umum di jumpai di Kampung Inggris, umumnya menyediakan makanan yang relative murah di antaranya nasi pecel mulai dari Rp.3.000/porsi, nasi telur + sayur Rp. 4.000-5.000, nasi ayam + minum Rp. 6.500-8000.

Untuk warung prasmanan, harga makanan yang di tawarkan relative sedikit lebih mahal dari harga warung pada umunya, hal ini di karnakan warung prasmanan memberikan penawaran untuk para pelanggannya memilih makanan ataupun menu makanan sesuai selera dan porsi yang mereka inginkan, semakin banyak menu yang mereka ambil otomatis semakin mahal harga makanan yang akan di bayar, umumnya harga nasi + ayam dan sayur Rp. 10.000-13.000. Dan adapun biaya makanan di warung makan / rumah makan padang yang ada di Kampung Inggris, biasanya untuk porsi nasi + ayam + es the Rp. 10.000.

Dari gambaran biaya makanan per porsinya yang ada di Kampung Inggris, bagi kamu yang tinggal dan besar di daerah Jawa Timur / Jawa Tengah dan sekitarnya, mungkin harga tersebut bisa terbilang harga umum atau harga standar sesuai dengan kampung halaman anda masing-masing, akan tetapi bagi anda yang tumbuh dan besar di daerah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan sekitarnya, harga tersebt bisa tergolong lebih murah dari harga makanan yang ada di kampung halaman anda.

Dan adapun bagi kamu yang ingin menyewa sepeda ontel selama proses belajar di Kampung Inggris, cukup dengan membayar Rp. 80.000-100.000/ bulan, sesuai dengan model sepeda yang kamu inginkan. Umunya para penyedia jasa penyewaan sepeda, mewajibkan para penyewa untuk menyerahkan kartu identitas mereka sebagai jaminan, bisa berupa KTP, SIM, dan sebagainya. Jadi ketika kamu ingin menyewa sepeda, jangan heran jika kamu di minta untuk menyerahkan kartu identitas kamu. Sebagai tambahan, sepeda merupakan alat transportasi umum yang ada di Kampung Inggris, dan ini menjadi suatu ciri khas unik tersendiri. 

Bagi kamu yang hobby traveling, di Kampung Inggris juga ada beberapa tempat yang menyediakan jasa penyewaan sepeda motor ataupun mobil serta peralatan camping dan kamera dokumentasi, untuk biaya penyewaan sepeda motor umumnya kisaran antara Rp. 50.000-65.000/hari, untuk sewa mobil Rp. 300.000-400.000/ hari ( lepas kunci ), dan adapun untuk penyewaan peralatan camping dan kamera dokumentasi, rincian biayanya akan menyusul. Sebagai catatan, untuk penyewaan, sebagai jaminan tetap yang di gunakan adalah kartu pengenal atau identitas kamu.

Untuk kamu yang nggak mau repot-repot mencuci pakaian kamu sendiri, di Kampung Inggris juga banyak menyediakan jasa pelayanan Loundry, dan adapun biayanya tergantung dari fasilitas laundry yang kamu pilih,mulai dari cuci kering atau basah, cuci kering + setrika atau cuci kering + setrika dan parfum dan biasanya kamu bebas memilih parfum apa yang kamu inginkan atau laundry paket kilat 4 jam. Adapun gambaran biaya laundry pada umumnya untuk cuci kering atau basah Rp. 1.000-1.500/kg, cuci kering + setrika Rp. 2.500-3.000/kg, cuci kering + setrika + parfum Rp. 3.000-4.000/kg dan untuk paket kilat 4 jam kisaran Rp.8.000-10.000/kg. Untuk lama pengerjaan pada umumnya, biasanya 1-2 hari, hal ini di pengeruhi beberapa faktor, di antaranya faktor cuaca.

Berikut, kami akan mencoba meng-ilustasikan contoh perkiraan biaya hidup hemat + kursus di Kampung Inggris selama 1 bulan.

  • Makan + minum Rp. 7.000 x 3 x 30 hari = Rp. 630.000 
  •  Kursus + Asrama = Rp. 850.000
  • Sepeda + Laundry + Pulsa = Rp. 300.000
  • Total = Rp. 1.780.000

Ingat, ini hanya sebagai gambaran dan tidak bisa di jadikan patokan, karna biaya pengeluaran pribadi masing-masing peserta berbeda-beda, hal ini di pengaruhi oleh beberapa factor, di antaranya adalah :

  • Hobby / Aktivitas tambahan selama berada di Kampung Inggris
  • Pola menu dan makan
  • Paket kursus yang di ambil
  • Pola Hidup 

Demikianlah, informasi gambaran biaya hidup selama di Kampung Inggris, semoga bermanfaat dan sebagai saran tambahan ada baiknya membawa persiapan uang lebih untuk menghindari kebutuhan pribadi yang tak terduga.

Sumber Artikel Asli : http://www.rnbenglishcourse.com/2017/03/berapakah-biaya-hidup-selama-proses.html

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply